Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5+ Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube Secara Online

5+ Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube Secara Online

Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube

5+ Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube Secara Online - Gimana sih tips dan cara promosi channel YouTube secara online? Kamu bisa simak trik-trik jitunya dalam ulasan kami berikut ini.

Punya channel YouTube bakal bikin kamu super sibuk. Bagaimana tidak, kamu pasti bakal berkutat di depan layar untuk mengedit video. Belum lagi, kamu mau nggak mau juga harus konsisten mengunggah video berkualitas tinggi agar audiens betah berselancar di channel-mu.

Nggak cuma itu, kamu juga harus fokus pada target pemasaran agar channel-mu berkembang. So, kalau kamu ingin mengembangkan channel YouTube-mu, kamu jelas perlu mempromosikannya. Tapi gimana cara tepatnya? Kamu bisa praktikkan beberapa tips dan cara promosi channel YouTube secara online ini.

Berikut Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube Secara Online

tips promosi channel youtube

Komentari Video dari YouTuber Lain

Dimanapun kamu berada, relasi adalah salah satu hal penting yang perlu kamu pelajari. Mungkin kebanyakan YouTuber nggak sadar dengan poin yang pertama ini, tapi sebenarnya membangun relasi dengan YouTuber lain bisa bikin insight channel-mu ikutan naik lho.

Kalau kamu baru bikin channel YouTube, identitas channel-mu tentu belum dikenal orang-orang yang ada di komunitas YouTube. Tapi kalau kamu bisa menampilkan nama channel-mu di depan konten kreator dengan niche yang sama, otomatis mereka yang awalnya nggak kenal kamu  nantinya akan ‘kepo’ dengan channel-mu. Nah, hal ini juga berlaku buat audiens lho.

Seiring berjalannya waktu, orang yang nonton video milik konten kreator utama mungkin bakal mengklik channel-mu. Tapi satu yang penting, pastikan kamu meninggalkan komentar yang ‘berkualitas’ di video milik konten kreator lain. Bagikan pendapatmu tentang topik yang mereka bahas, dan bicarakan tentang apa yang kamu sukai dan tidak sukai dari video mereka.

Posting Cuplikan Video-mu di Media Sosial

Punya banyak media sosial, kenapa nggak kamu manfaatkan saja? Kamu bisa bikin cuplikan dari video YouTube-mu (sebaiknya ambil cuplikan yang paling seru, sehingga bisa menarik minat audiens), kemudian unggah cuplikan tersebut ke akun media sosialmu yang lain.

Oya pastikan saat kamu mengunggah cuplikan ke akun media sosial, sertakan juga caption yang menarik sehingga dapat menarik engagement audiens nantinya.

Pakai Fitur Komunitas YouTube

Saat ini YouTube menawarkan dua fitur utama yang bisa dipakai untuk mengunggah video. Fitur yang pertama memungkinkan kamu mengunggah video berdurasi panjang seperti biasa, lalu fitur yang kedua adalah YouTube Shorts (memungkinkan kamu upload video pendek ala-ala TikTok).

Sayangnya sangat jarang YouTuber yang mau memanfaatkan fitur Komunitas YouTube. Padahal kalau bisa dioptimalkan secara maksimal, fitur ini akan bisa membantumu nantinya.

Komunitas adalah salah satu alat YouTube yang selama ini ‘dipandang sebelah mata’ oleh banyak orang. Padahal di balik itu semua fitur ini menawarkan banyak fitur menarik. Contohnya kamu bisa manfaatkan fitur Komunitas untuk membuat beberapa jenis postingan, termasuk status yang mirip seperti Facebook dan LinkedIn. Kamu juga bisa menambahkan GIF dan gambar diam, bikin polling, dll.

Tapi perlu kamu tahu, fitur Komunitas nggak bisa dipakai sembarangan orang. Setidaknya kamu harus punya minimal 500 subscriber untuk bisa memanfaatkan fitur tab Komunitas YouTube. Tapi setelah kamu memilikinya, kamu bakal menerima akses ke fitur tersebut dalam waktu seminggu.

tips promosi channel youtube
Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube Secara Online

Bikin Konten Podcast Video

Sejak abad ke-21, konten podcast memang sudah populer banget. Dan konten semacam ini akan memungkinkan pendengar untuk belajar saat bepergian.

Terlepas apakah kamu YouTuber pemula atau sudah profesional, yang jelas kalau kamu bisa menghadirkan konten podcast video, kamu sama saja telah membangun basis subscriber yang kuat. Apalagi kalau penampilan tamu podcast-mu oke, ini dapat menjadi cara paling jitu untuk menjangkau lebih banyak orang.

Kalau yang kamu punya saat ini adalah channel YouTube yang masih seumur jagung, nggak masalah. Kamu bisa mulai mempromosikan dirimu ke podcast, yakni dengan membuat video-video sederhana yang membahas topik tertentu (pastikan topik tersebut benar-benar kamu kuasai). Baru kalau channel-mu sudah mulai berkembang, kamu bisa hadirkan narasumber lain ke dalam podcast-mu.

Bagikan Video-mu ke Twitter

Basis pengguna Twitter di dunia sangat besar. Tak hanya mempromosikan video lewat Facebook dan Instagram, kamu juga bisa secara khusus memanfaatkan Twitter untuk menjangkau lebih banyak orang.

Seiring berkembangnya waktu, Twitter saat ini telah mendukung pengunggahan video berkualitas tinggi. Kamu bisa unggah cuplikan video, atau share langsung URL video-mu ke Twitter. Ditambah pemakaian kata kunci dan tagar penting, akan berpotensi membantumu menjangkau lebih banyak penonton via Twitter.

Oya saat menggunakan Twitter untuk membagikan video-mu, jangan lupa untuk menandai akun yang berhubungan dengan kontenmu. Contoh kamu menandai Sony jika video-mu membahas soal ­game-game besutannya. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan mendapatkan retweet dan penambahan jumlah penonton sebagai hasilnya.

Posting Cuplikan Video-mu di Media Sosial

Yah walaupun pertumbuhan organik sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang bagi konten kreator, tapi kamu juga nggak boleh 100% mengabaikan iklan berbayar seperti Google Ads.

Google Ads punya banyak pilihan alat periklanan, dan kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempromosikan video-mu. Pilih video yang ingin kamu promosikan, dan sesuaikan target audiens-mu.

Kembangkan Jangkauan Situsmu

Kalau kamu serius ingin membangun bisnis online lewat YouTube, kamu mungkin harus membuat situs web khusus untuk channel YouTube-mu. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mengunggah berbagai jenis media seperti posting blog dan infografis. Selain itu, kamu juga akan memberikan orang cara mudah untuk menghubungmu.

Dengan menumbuhkan jangkauan situs web, hal tersebut akan bisa memberikan efek positif pada channel YouTube-mu. Selain itu, mendapatkan eksposur di mesin pencari pasti juga bisa membawa lebih banyak perhatian ke situs web­-mu (hasil akhirnya, kamu dapat menghasilkan jumlah klik-tayang yang lebih tinggi ke channel-mu).

Kamu bisa pakai beberapa metode untuk mengembangkan jangkauan situs web-mu. Optimalkan juga halamanmu untuk mendapat peringkat di mesin pencari seperti Google Search.

Lihat Forum di Reddit

Trik yang ini jarang banget diketahui orang. Tapi sebenarnya banyak YouTuber dan konten kreator yang menggunakan Reddit untuk meningkatkan jumlah penonton di channel mereka. Alasannya satu, yakni karena Reddit adalah platform dengan audiens potensial yang sangat besar, dan ia juga menerima kunjungan lebih dari satu miliar orang setiap bulannya.

Di Reddit, kamu bisa temukan forum untuk hampir semua topik yang ada. Pikirkan di mana target audiens-mu, dan setelah itu posting saja tautan URL video-mu ke Reddit. Biasanya nggak lama setelah itu, kamu bakal mendapatkan feedback dari beberapa pengguna, dan kalau ada yang membuka video-mu, otomatis insight yang kamu dapatkan nanti juga akan tinggi.

Oya satu lagi, jangan lupa untuk memeriksa subreddit sebelum memposting sesuai ya. Pasalnya ada beberapa yang mungkin tidak mengizinkan kamu untuk membagikan tautan eksternal atau hal-hal berbau promosi. Kalau nggak memperhatikan peraturan seperti ini, takutnya kamu bakal terkena pelanggaran.

Post a Comment for "5+ Tips dan Cara Jitu Promosi Channel YouTube Secara Online"