Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Nonton Live Streaming TikTok Biar Asyik!

tips nonton live streaming tiktok
5 Tips Nonton Live Streaming TikTok Biar Asyik

Baru kenal fitur TikTok LIVE di TikTok? Simak ulasan berikut tentang tips nonton live streaming di TikTok agar pengalamanmu lebih asyik.

Persaingan antar media sosial saat ini memang semakin memanas. Berbagai fitur yang dulunya cuma dimiliki oleh media sosial tertentu, sekarang bagaikan fitur sejuta umat karena sudah ada di aplikasi-aplikasi lainnya.

Contoh paling gampang adalah TikTok dan Instagram. Kedua media sosial ini bisa dibilang sebagai musuh bebuyutan. Bagaimana tidak, Instagram selama ini sering menjiplak fitur-fitur TikTok. Merasa nggak mau kalah, TikTok akhirnya memutuskan untuk mengadopsi fitur-fitur yang ada di Instagram pula.

Sebagai raksasa media sosial, TikTok tak hanya aplikasi untuk membagikan video pendek. Lebih dari itu, saat ini TikTok sudah mendukung kemampuan live streaming. Yah walaupun tidak semua pengguna bisa melakukan live streaming sendiri, tapi setidaknya semua pengguna TikTok bisa menonton live streaming.

tips nonton live streaming tiktok
5 Tips Nonton Live Streaming TikTok Biar Asyik

Apa Itu TikTok Live?

TikTok Live merupakan fitur live streaming yang ada di dalam TikTok. 

Fitur ini datang di TikTok pada bulan Juli 2021, sebagai salah satu upaya TikTok agar ‘setara’ dengan media sosial pesaingnya, terutama Instagram sebagai rival terberatnya.

Untuk bisa menggunakannya, kamu minimal harus berusia 16 tahun, dan setidaknya sudah memiliki 1.000 pengikut untuk bisa memulai TikTok Live.

Walau ada batasan tertentu untuk orang supaya mereka bisa menggunakan fitur TikTok Live, namun semua pengguna TikTok bisa menonton TikTok Live milik orang lain lho.

Nah ketika kamu nonton TikTok Live, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas lain lho. Misalnya mengirim suka ke kreatornya, berkomentar, mengirim hadiah uang, dan bahkan melihat profil kreator tanpa perlu meninggalkan sesi live streaming.

Apa yang Menarik dari TikTok Live?

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di TikTok Live. Aktivitas utamanya jelas kamu bisa melakukan live streaming (asalkan sudah memenuhi persyaratannya), serta menonton sesi live streaming pengguna lain.

Nah menariknya di dalam TikTok Live, kamu bakal menemukan berbagai fitur seru. Contohnya fitur untuk menjadwalkan live, fitur Q&A dengan penonton, dll.

Tak hanya itu. Sebagai penonton kamu juga bakal dibekali berbagai kemampuan khusus dari TikTok lho. Jika mengetahui seluruh dukungan khusus ini, dijamin aktivitas nonton live streaming-mu bakal lebih seru dan berkesan.

Kenapa Kamu Harus Nonton TikTok Live?

TikTok Live adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan konten kreator favoritmu dengan cara yang bisa dibilang lebih pribadi. 

Salah satu tips asyik nonton live streaming TikTok sekaligus cara untuk menunjukkan penghargaanmu kepada konten kreator TikTok favoritmu adalah dengan mengirimkan suka / like ke TikTok Live mereka.

Pertanyaanya, lalu bagaimana cara mendapatkan pengalaman nonton TikTok Live yang asyik? 

Kali ini kami akan menyajikan beberapa tips nonton live streaming di TikTok, untuk mendapatkan pengalaman nonton live streaming yang lebih asyik. 

Penasaran bagaimana tipsnya? Baca ulasan ini sampai bawah ya.

Berinteraksi dengan Kreator

TikTok Live adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan konten kreator favoritmu dengan cara yang bisa dibilang lebih pribadi. 

Salah satu cara untuk menunjukkan penghargaanmu kepada konten kreator TikTok favoritmu adalah dengan mengirimkan suka / like ke TikTok Live mereka.

Kamu bisa mengirim like dalam jumlah tak terbatas ke TikTok Live milik orang lain, yakni dengan cara mengetuk layar dua kali. Tidak ada batasan berapa jumlah like yang kamu kirimkan. Kamu juga bisa mengirim like secara gratis.

Walau tidak bisa membuat kreator ‘secara langsung’ me-notice kamu, tapi kalau kamu memberikan like secara terus-menerus selama sesi live streaming berlangsung, hal tersebut akan mampu menarik perhatian kreator. 

Saat mendapatkan banyak like dari penonton yang sama, mereka akan penasaran dengan kamu, lalu mereka akan me-notice kamu.

Fyi, kreator diberi peringkat mingguan berdasarkan jumlah suka yang mereka dapatkan di Live. Jadi saat kamu mengirim banyak like buat mereka, jelas hal tersebut bakal membantu konten kreator agar lebih berkembang.

Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan ke konten kreator dalam bentuk komentar selama sesi live streaming

Komentar akan muncul secara langsung untuk siapa saja yang bergabung dengan channel kreator, sehingga kreator bisa berdiskusi terbuka dengan penontonnya.

Kirim Hadiah ke TikTok Live Host

Cara lain untuk menunjukkan kekaguman kamu kepada kreator favoritmu yakni bisa dalam bentuk hadiah spesial. Apakah kamu perlu memesan hadiah lalu mengirimkannya ke alamat kreator favoritmu? 

Oh tidak perlu sidramatis itu. Karena TikTok sekarang memungkinkan penggunanya untuk membeli koin, yang kemudian bisa digunakan untuk mengirim hadiah uang selama live streaming.

Nanti kreator akan diberi tahu saat mereka mendapat hadiah dari penonton selama sesi live streaming. Itu artinya, mereka akan sering berterima kasih kepada si pemberi hadiah (dalam artian ini, mungkin kamu) secara real-time.

Wah siapa sih yang nggak senang pas namanya dipanggil terus sama di kreator, gara-gara habis kasih hadiah? 

Pasti senang banget lah ya. 

Selain namamu bakal di-notice oleh konten kreator, kamu juga bisa pamer kepada penonton lain kalau kamu ‘sultan.’ Hehehehe, bercanda.

Lihat Halaman Profil Kreator

TikTok memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan halaman kreator saat sesi live streaming masih berlangsung. Kamu bisa melakukan ini dengan mengetuk gambar profil mereka. Saat kamu membuka halaman profil, audio dari live streaming akan terus diputar di latar belakang. 

Jadi nggak perlu khawatir ketinggalan informasi selama live streaming deh.

Menyembunyikan Komentar Selama TikTok Live

Terkadang jumlah suka dan komentar yang dikirim selama live streaming TikTok bisa menjadi ‘patokan’ yang luar biasa. Tapi karena jumlah mereka terlalu banyak dan selalu datang bertubi-tubi, tidak jarang hal tersebut mengganggu penonton untuk fokus menonton video live streaming favorit mereka.

Tapi tenang saja. Kalau kamu menganggap tampilan jumlah like dan komentar yang ada selama sesi live streaming mengganggu visual live streaming, kamu bisa menyembunyikannya lho. Caranya? Kamu cuma perlu swap ke kanan layar.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan tampilan layar yang bersih alias bebas dari like dan komentar. Dengan begitu, kamu bisa fokus untuk menonton sesi live streaming tanpa hambatan apapun.

Bagikan TikTok Live dengan Temanmu

Kalau kamu benar-benar penggemar TikTok Live dari kreator tertentu, kamu bisa juga lho membagikan sesi live streaming ke teman-temanmu. Caranya pun gampang dan bisa kamu lakukan tanpa perlu meninggalkan sesi siaran langsung. 

Karena komentar muncul secara real-time, kamu bahkan bisa mengobrol dengan temanmu di bagian komentar setelah mereka bergabung.

Oke, itu tadi beberapa tips nonton TikTok Live untuk mendapatkan pengalaman yang lebih oke. Gimana, sebagai penonton TikTok Live, tips-tips di atas lumayan membantu kan? 

Oya dari kelima tips di atas, tips mana yang paling kamu suka dan menurutmu gampang dipraktikkan?

Post a Comment for "5 Tips Nonton Live Streaming TikTok Biar Asyik!"