Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peralatan Membuat Konten YouTube untuk YouTuber Pemula

Peralatan untuk Membuat Konten YouTube Buat YouTuber Pemula

PANARAGAN.COMApa saja sih peralatan yang dibutuhkan untuk membuat konten YouTube buat YouTuber pemula? 

Temukan jawabannya dalam ulasan ini.

Profesi sebagai konten kreator YouTube atau YouTuber kini makin dilirik banyak orang. Bahkan selebritis yang dulunya cuma fokus melakoni pekerjaannya di layar kaca pertelevisian, kini banyak yang mulai menekuni pekerjaan sampingan sebagai YouTuber.

Berbagai jenis konten mulai dari podcast yang di-video-kan, aktivitaas sehari-hari, traveling, dll, semua bisa jadi konten YouTube. Apalagi kalau berhasil, bisa panen cuan dalam jumlah besar deh!

Makanya nggak heran kalau sekarang banyak orang yang ingin mencoba peruntungan menjadi seorang YouTuber. Nah kalau kamu salah satunya, kamu jelas perlu mempersiapkan berbagai peralatan untuk membuat konten YouTube.

Kali ini kami akan membeberkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk membuat konten YouTube khusus buat YouTuber pemula. 

Simak ulasannya sampai selesai ya!

Peralatan Membuat Konten YouTube Untuk YouTuber Pemula

peralatan untuk membuat konten youtube
Peralatan untuk Membuat Konten YouTube Buat YouTuber Pemula

Ambil Ponselmu!

Sebagai seorang YouTuber pemula, ada beberapa hal ‘receh’ yang bisa kamu kontenkan. Kamu bisa mulai bikin video reaksi atau mengulas sebuah produk. Sebagai permulaan, manfaatkan saja fitur kamera yang ada di ponselmu.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengarahkan kamera ponselmu ke subjek (bisa sesuatu yang mau kamu review, atau kamu arahkan ke dirimu sendiri). Kalau posisinya sudah sesuai, tekan tombol rekam dan mulailah berbicara.

Cuma begitu saja, kamu sudah bisa bikin video yang memenuhi standar perkontenan YouTube lho. Ini nih yang bikin YouTube menjadi impian dari seorang vlogger. Pasalnya mereka bisa lebih bebas berekspresi dan menyebarkan idenya ke seluruh dunia.

Gunakan Kamera Khusus

peralatan untuk membuat konten youtube
Peralatan untuk Membuat Konten YouTube Buat YouTuber Pemula

Walaupun kamu bisa menggunakan kamera ponsel untuk merekam video YouTube, tapi kalau ingin mendapat hasil yang lebih bagus, maka kamu butuh kamera khusus. Contohnya, kamu bisa manfaatkan kamera khusus video / DSLR.

Tapi kalau kamu masih YouTuber pemula alias baru coba-coba, ya kami sarankan sementara waktu menggunakan kamera ponsel untuk bikin konten. 

Baru kalau konten kamu sudah jalan dan mendapat respon positif dari audiens + kamu sudah dapat cuan dari YouTube, kamu bisa naik level dengan membeli kamera khusus video.

Tapi kan aku pengin banget ngerekam video pakai kamera DSLR. Emangnya nggak boleh?

Boleh kok. Kalau kamu siap mengeluarkan dana untuk bikin konten YouTube, mungkin kamu bisa memulainya dengan kamera DSLR seperti Nikon D3400.

Peralatan Lain

Selain kamera ponsel / DSLR untuk merekam video, kamu mungkin membutuhkan alat lain untuk menunjang aktivitas perekaman dan supaya hasilnya lebih bagus. Contohnya kamu mungkin butuh tripod, mikrofon atau beberapa alat pengeditan video dan audio.

Tripod

Untuk hasil rekaman terbaik, kamu mungkin perlu tripod kamera untuk memastikan video stabil.

Apalagi kalau kamu merekam video pakai ponsel, penggunaan tripod khusus ponsel bisa bikin aktivitas perekaman jadi lebih mudah dan gambar anti goyang.

Tapi kalau belum ada budget untuk beli tripod, tenang saja. Kamu bisa mensiasatinya dengan menumpuk beberapa buku / batu, lalu menyandarkan ponsel di sana.

Mikrofon

peralatan untuk membuat konten youtube
Photo by Jacek Dylag on Unsplash

Kalau dari segi audio, penggunaan mikrofon bisa membantumu menghasilkan kualitas audio super jernih. Tapi namanya ada harga pasti ada barang. Kalau kamu menginginkan mikrofon bagus, kamu harus siap-siap dengan harganya yang mahal.

Kalau nggak pakai mikrofon, bisa nggak sih?

Bisa-bisa saja sih. Toh sekarang ponsel sudah dibekali fitur mikrofon bawaan. Bahkan beberapa ponsel kelas atas sudah mendukung teknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan kualitas audio immersif, jernih dan super kencang.

Cara yang paling gampang adalah cobalah merekam video sambil bicara. Setelah itu, coba dengarkan bagaimana kualitas suaramu. Kalau suaramu terdengar jelas dan jernih, mungkin rencana pembelian mikrofon bisa di-pending terlebih dulu. Ya, setidaknya sampai kamu punya budget untuk membelinya.

Alat Pengeditan Video dan Audio

peralatan untuk membuat konten youtube
Peralatan untuk Membuat Konten YouTube Buat YouTuber Pemula

Selain hardware fisik untuk memperbagus hasil rekaman video, kamu juga membutuhkan beberapa perangkat lunak / software untuk membuat video YouTube. 

Aplikasi yang jelas paling kamu butuhkan adalah alat pengeditan video. Tenang, sekarang ada banyak aplikasi pengeditan yang bisa kamu pakai kok. Salah satu aplikasi pengeditan video yang paling populer adalah Adobe Premiere.

Di sisi lain kamu juga membutuhkan editor audio. Yah meskipun editor video-mu sudah mendukung fitur pengeditan audio juga, tapi nggak ada salahnya untuk melakukan finishing audio menggunakan aplikasi editor audio. 

Kalau kamu malas mengeluarkan uang untuk membeli alat pengeditan audio, kamu mungkin bisa mempertimbangkan Audacity, aplikasi editor audio gratisan yang handal dalam merapikan audio.

Bikin Channel YouTube-mu

peralatan untuk membuat konten youtube
Peralatan untuk Membuat Konten YouTube Buat YouTuber Pemula

Setelah kamu lancar dalam merekam video, dan kamu siap untuk mengunggahnya ke YouTube, kamu jelas harus membutuhkan channel YouTube.

Untuk membuat channel YouTube, pertama kunjungi URL www.youtube.com di browser-mu dan masuklah ke website tersebut (atau daftar dengan akun email pilihan). Selanjutnya, ikuti saja petunjuk yang diberikan YouTube untuk memverifikasi akunmu.

Kalau sudah, kamu nanti bakal dihadapkan pada dua pilihan yakni:

·         Klik ikon kamera, buat nama channel-mu dan tekan tombol “CREATE CHANNEL.”

·         Atau klik gambar profilmu, lalu klik “Create a Channel > Name > CREATE CHANNEL.”

Selesai. Channel YouTube-mu sudah selesai dibuat dan siap dipakai. Sekarang kamu bisa mengunggah semua video yang sempat kamu rekam sebelumnya.

Oya, akun yang belum terverifikasi oleh YouTube tidak bisa mengunggah video berdurasi lebih dari 15 menit. 

Sedangkan untuk akun yang sudah terverifikasi, bisa mengunggah video sampai 12 jam atau berukuran maksimal 256GB. Tapi kalau kamu masih pemula, lebih baik bikin video dengan durasi pendek 1 – 3 menit dulu deh.

Bikin Studio Khusus

peralatan untuk membuat konten youtube
Peralatan untuk Membuat Konten YouTube Buat YouTuber Pemula

Bisa dibilang sebenarnya ini adalah poin terakhir sih. Studio khusus jelas akan membuat konten video-mu terlihat jauh lebih berkelas. 

Selain itu, audiens juga akan menganggap kalau channel-mu milik seorang profesional karena sudah memiliki studio sendiri.

Tapi… Ini ‘antara penting dan nggak penting’ sih. Kalau kontenmu adalah video-video livestreaming seperti podcast atau streaming game, mungkin suatu saat kamu memang butuh studio. 

Apalagi kalau kamu bisa melengkapi studiomu dengan berbagai peralatan perekaman super canggih. Hmm.. Siapa juga yang nggak betah berlama-lama nonton video-mu. Ya nggak?

Tapi kalau mayoritas kontenmu berisi aktivitas sehari-hari atau traveling, keberadaan studio bisa dibilang nggak terlalu dibutuhkan. 

Kenapa? 

Karena jelas kamu akan lebih banyak di luar ruangan. Apalagi kalau bikin konten traveling, jelas kamu bakal lebih sering di luar rumah dan merekam keadaan di luar. Masuk akal kan?

Gimana panduan dari kami? 

Sangat lengkap bukan?

Buat kamu yang baru ingin mencoba karir di dunia per-YouTube-an, tetap semangat membuat konten ya. 

Mengunggah konten secara konsisten dan terjadwal bisa menciptakan branding yang bagus pada channel-mu. D

itambah dengan konten yang berkualitas, dijamin channel-mu akan berkembang stabil dari waktu ke waktu.

Post a Comment for "Peralatan Membuat Konten YouTube untuk YouTuber Pemula"