Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram

7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram
7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram
Apa itu Shadow Banned Instagram? 

Lalu bagaimana cara dan tips menghindari Shadow Banned di Instagram? Simak tutorialnya di sini.

Instagram memang media sosial yang memungkinkan penggunanya bebas mengunggah apapun ke platform-nya. 

Walau begitu, ada beberapa batasan yang sebaiknya perlu dijaga setiap pengguna Instagram demi kelangsungan akunnya.

Hm.. Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tahu. Instagram selama ini mungkin lebih dikenal suka ‘memblokir’ akun yang melanggar pedoman komunitas mereka. 

Tapi di sisi lain, sebenarnya Instagram juga bisa memberlakukan ‘Shadow Banned’ ke akun penggunanya lho.

Ada banyak alasan kenapa Instagram memutuskan untuk memberlakukan Shadow Banned ke akun tertentu. 

Buat jaga-jaga, kali ini saya akan menjelaskan secara rinci tentang pengertian Shadow Banned Instagram, lengkap dengan cara dan tips untuk hindari Shadow Banned Instagram.

Nggak pakai lama, yuk langsung saja kepoin ulasan di bawah ini sampai tuntas!

7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram
7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram

Apa Itu Shadow Banned Instagram?

Istilah ‘Shadow Banned’ mungkin masih asing ditelinga mayoritas pengguna Instagram. Padahal sebenarnya Shadow Banned sering terjadi di banyak akun Instagram lho

Sayangnya, pemilik akun yang terkena Shadow Banned mungkin tidak menyadarinya.

Jadi, apa itu Shadow Banned Instagram? 

Shadow Banned adalah ketika Instagram tidak menangguhkan profilmu, tapi mereka juga tidak menampilkan postinganmu kepada pengguna ‘sebanyak sebelumnya’ (postingan masih bisa tampil, tapi jangkauan akun yang bisa melihatnya berkurang drastis).

Apa ciri-ciri terkena Shadow Banned?

Biasanya Shadow Banned terjadi saat kamu memposting sesuatu di Instagram, tapi keterlibatan kontenmu jauh lebih rendah dari postingan-postinganmu yang lain. 

Contoh biasanya setiap kali kamu memposting gambar, jumlah like yang kamu dapatkan bisa mencapai 500. Tapi akhir-akhir ini malah cuma mendapat 10 like. Hal tersebut juga bisa terjadi pada Instagram Story atau Reels.

7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram
7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram

Bagaimana Cara Menghindari Shadow Banned Instagram?

Jangan Beli Pengikut Instagram

Kalau kamu ingin menjadi tukang endorse di Instagram, membeli pengikut mungkin bisa jadi salah satu cara untuk menolongmu. Dengan jumlah pengikut yang banyak ditambah postingan bergaya estetik, dijamin tawaran endorse akan datang bertubi-tubi.

Tapi di balik itu semua, ternyata Instagram tahu lho kalau kamu membeli followers. Kalau terus-terus terjadi, Instagram bisa memberimu sanksi dengan memberlakukan Shadow Banned.

Membeli followers Instagram tidak hanya pemborosan uang, tapi juga bisa menimbulkan banyak kerugian. Selain itu orang akan bertanya-tanya, “Pengikutnya banyak tapi kok jumlah like dan komentarnya cuma sedikit?” Imbasnya, kamu akan kehilangan kepercayaan dari followers setiamu.

Alih-alih membeli followers, mulai sekarang fokuslah untuk membangun hubungan dengan pemirsa yang ada. Seiring berjalannya waktu, jumlah pengikutmu akan tumbuh secara alami.

Follow Orang Lain Secukupnya

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak followers adalah dengan mengikuti akun lain yang punya minat serupa denganmu. Tapi hati-hati, follow akun lain memang boleh, tapi jangan follow banyak akun sekaligus.

Mengikuti banyak akun dalam waktu singkat adalah ciri khas perilaku yang dilakukan oleh akun spam. Parahnya, Instagram bisa jadi akan memperlakukan profilmu seperti akun spam. Instagram akan mengasingkan akunmu. Walau mungkin akunmu tidak diblokir secara langsung oleh Instagram, tapi mereka akan membuat akunmu seolah-olah mati dengan cara halus.

Jangan Pakai Aplikasi Instagram “Pihak Ketiga”

Di Play Store atau App Store ada banyak aplikasi pihak ketiga yang namanya pakai embel-embel ‘Instagram.’ Contohnya aplikasi untuk melakukan penjadwalan posting, aplikasi untuk bikin template Instagram Story, dll.

Kalau dipikir-pikir, akun-akun seperti itu memang bisa membantu dan membuat pemakaian Instagram lebih efisien sih. Tapi efek negatifnya, memakai aplikasi semacam itu juga berisiko terkena Shadow Banned.

Cobalah menggunakan aplikasi mitra resmi Instagram. Atau, kamu juga bisa menggunakan tools lain untuk membantumu jika tidak bisa menemukan aplikasi yang terkait. Misalnya, kamu bisa membuat Reels dengan Adobe Premiere Pro dan memposting video setelah mentransfernya ke smartphone-mu.

Blokir Semua Followers Bot di Akun Instagram-mu

Sudah bukan rahasia lagi jika populasi akun bot di Instagram mencapai puluhan juta. Kabar buruknya, akun bot kini makin merajalela dan tak jarang mampu melakukan penyamaran yang handal untuk mengelabuhi orang lain, salah satunya yakni melakukan aktivitas follow akun milik orang lain.

Coba sekarang cek daftar pengikut Instagram-mu. Kalau kamu menemukan lebih dari 20 akun mencurigakan (foto profil orang asing, tidak ada postingan apapun, dan jumlah orang yang diikuti sangat banyak), bisa jadi mereka adalah akun bot. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan akun Instagram-mu adalah dengan memblokir akun-akun bot tersebut.

Jangan Gunakan Hashtag Instagram Berlebihan

Saat Instagram pertama kali meluncurkan fitur tagar / hashtag, menggunakan 30 tagar untuk satu kali postingan adalah cara ampuh untuk meningkatkan pertumbuhan akun dengan cepat. Namun semua berbeda untuk saat ini. Karena fungsi tagar sudah tidak seperti dulu.

Sekarang, tagar di Instagram lebih berfungsi sebagai kata kunci di Google. Triknya, gunakan saja tagar yang benar-benar relevan dengan postinganmu. Menggunakan tagar yang tidak relevan (atau malah terlalu banyak) bisa terlihat seperti spam pada algoritme Instagram. Ini adalah salah satu penyebab utama akunmu terkena Shadow Banned.

Fokuslah untuk Berbagai Konten Berkualitas ke Followers

Mayoritas selebgram sukses pasti selalu konsisten menyajikan konten berkualitas kepada followers-nya, dan mereka juga tidak malas untuk berinteraksi dengan followers-nya.

Nah kamu bisa menganut tips di atas. Dengan melakukan hal tersebut, pertumbuhan akun Instagram-mu akan naik secara stabil. Tapi perlu diingat, pastikan semua kontenmu original ya. Jangan asal comot konten milik orang lain. Selain bisa melanggar hak cipta, jika followers-mu sampai tahu, bisa-bisa kamu malah akan kehilangan banyak followers.

Oya satu lagi. Buatlah jadwal posting secara teratur. Pasalnya jika kamu memposting foto / video setiap hari apalagi kontennya tidak berkualitas, followers-mu akan jengah dan memutuskan untuk unfollow. Tidak hanya itu, Instagram mungkin juga merasa bahwa kamu adalah akun spam, dan akhirnya memberlakukan Shadow Banned pada akunmu.

Stop Menandai Halaman Repost di Postingan Instagram-mu

Kamu tidak membutuhkan banyak followers untuk bisa berhasil. Tapi membangun ‘kesadaran’ dapat membantu untuk menjadi selebgram sukses.

Dulu, pengguna Instagram sering menandai halaman Repost Instagram untuk meningkat jumlah engagement postingan mereka. Sayangnya trik seperti itu sudah jadul. Akun Repost sudah tidak seefektif dulu. 

Jadi kalau kamu masih mempraktikkan cara lama dan bahkan melakukannya secara berlebihan, hal tersebut bisa membuat akunmu ditandai sebagai spam dan terkena Shadow Banned.

Nah itulah beberapa tips dan cara jitu untuk menghindari Shadow Banned dari Instagram. Jika kamu benar-benar peduli dengan keselamatan akun Instagram-mu, maka kamu cukup praktikkan semua cara di atas. Saya jamin akunmu akan berumur panjang alias tidak mendapat masalah dari Instagram.

Selamat mencoba!

Post a Comment for "7 Cara Jitu untuk Menghindari Shadow Banned Instagram"