Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jangan Tunggu Lagi, Ini Dia 5 Tanda Laptop Kamu Minta Install Ulang

PANARAGAN.COM - Laptop sering lemot atau not responding? Awas, jangan-jangan itu tanda laptop kamu minta install ulang. Cek fakta lengkapnya di sini!

Di era serba canggih seperti sekarang ini, laptop bukanlah benda langka bagi manusia. 

Apalagi zaman sekarang berbagai aktivitas membutuhkan laptop untuk menunjang produktivitas. Katakanlah seperti bekerja, belajar, atau bahkan untuk mengakses hiburan.

Sebagai benda yang sering digunakan manusia, kelancaran penggunaan laptop tentu jadi prioritas banyak orang. 

Karena jika penggunaan laptop terasa smooth, maka produktivitas bisa meningkat dan tugas yang dikerjakan bisa cepat selesai.

Tapi apa jadinya kalau laptop kerap mengalami masalah seperti lemot, not responding, tiba-tiba mati, dll? Jangan disepelekan. Jika kejadian tersebut terjadi berulang kali, bisa jadi itu tanda kalau laptop kamu minta install ulang.

Kebetulan kali ini saya telah merangkum beberapa tanda kalau laptopmu minta segera di-install ulang. Oke kalau begitu, mari kita cek sama-sama!

tanda laptop install ulang
Sumber: Pricebook

 Loading Laptop Mulai Lemot 

Pernah atau sering mengalami kejadian yang menjengkelkan seperti ini? 

Mau buka aplikasi atau melakukan apa pun di laptop rasanya lemot banget. Pasti menjengkelkan ya?

Biasanya kasus seperti ini bakal terjadi ketika kamu membuka file exploreri, aplikasi, game, browser, dll. Kalau kejadian seperti ini terus terjadi di laptopmu, mungkin ini salah satu tanda kalau laptopmu minta untuk di-install ulang.

 Booting Lama 

Apa itu booting? 

Jadi booting adalah proses saat laptopmu tengah mempersiapkan sistem operasi ke dalam memori komputer. Secara gamblang, booting adalah proses yang perlu dilewati laptop sebelum akhirnya bisa mengakses tampilan beranda sistem operasi (Windows, macOS atau OS lainnya).

Semakin kamu menggunakan OS versi baru, biasanya proses booting akan berjalan semakin cepat. 

Tapi kalau proses ini tiba-tiba berjalan sangat lama, dan kejadian tersebut berulang secara terus-menerus, maka hati-hati. Biasanya ini tanda kalau laptopmu minta di-install ulang.

tanda laptop install ulang

Sumber: Teknologi

 Sering Not Responding 

Not responding memang sering terjadi saat kita menggunakan laptop.

Biasanya saat kita ingin membuka tab baru di browser, menutup aplikasi, atau membuka aplikasi baru. Ya, ini adalah respon yang lumayan normal dari laptop.

Tapi kalau not responding terjadi terus-menerus, dan sampai mengganggu produktivitas, mungkin kamu perlu install ulang laptopmu.

Aplikasi Suka Menutup Sendiri Pernah kejadian seperti ini? 

Saat sedang asyik membuka aplikasi, eh dia tiba-tiba tertutup dengan sendirinya. Wah, mungkin sekilas tampak seperti kejadian horror ya.

Tapi sebenarnya ini bukan kejadian mistis lho

Kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh RAM yang penuh. Hal ini terjadi karena ada banyak program yang dijalankan secara otomatis oleh OS laptopmu. 

Tak hanya itu, file yang corrupt juga bisa menyebabkan aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri.

 Laptop Terinveksi Virus 

Sebenarnya tanda-tanda laptop terserang virus ada banyak. Tapi biasanya tandanya nggak jauh beda dengan penjelasan saya yang nomor empat.

Perlu kamu tahu, biasanya virus yang masuk ke laptop bakal menyerang aplikasi di dalamnya. Apa akibatnya? Aplikasi bisa rusak, tiba-tiba tertutup sendiri, atau bahkan tak bisa dibuka.

Post a Comment for "Jangan Tunggu Lagi, Ini Dia 5 Tanda Laptop Kamu Minta Install Ulang"