Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Efek Bahaya Mematikan Paksa Laptop yang Jarang Diketahui Orang

4 Efek Bahaya Mematikan Paksa Laptop yang Jarang Diketahui Orang

Ada banyak efek bahaya yang terjadi jika kamu sering mematikan laptop secara paksa. Simak di sini untuk melihat apa saja efeknya.

Laptop adalah salah satu benda yang paling dibutuhkan orang zaman sekarang. Benda yang satu ini dapat digunakan untuk keperluan kerja, belajar mengajar, mencari hiburan, dll.

Melihat betapa pentingnya laptop untuk kehidupan orang, nggak heran kalau mayoritas orang saat ini nggak bisa lepas dari benda yang satu ini.

Sayang dalam penggunaannya, tidak jarang laptop mengalami error. Entah itu performanya yang lemot, atau bahkan laptop tiba-tiba macet total.

Bicara soal laptop yang tiba-tiba macet total, pernah kah kamu mengalami kejadian seperti itu?

Ah, atau bahkan sering? 

Lalu apa yang biasanya kamau lakukan? 

Mau me-restart laptop tida bisa karena macet total. Mungkin satu-satunya jalan yang bisa kamu lakukan adalah mematikan laptop dengan paksa lewat tombol Power.

Instan sih. Laptop langsung mati, dan kamu bisa kembali menghidupkan dia lagi. 

Tapi sadar atau tidak, ternyata ada banyak efek yang terjadi jika kamu sering mematikan laptop secara paksa lho

Apa saja efeknya?

Berikut 4 Efek Bahaya Mematikan Paksa Laptop

efek mematikan paksa laptop
Sumber: Salisonline

 Merusak RAM 

Mungkin banyak yang belum tahu. Saat kita melakukan proses shutdown laptop yang sesuai aturan, maka memori pada RAM akan secara perlahan dikosongkan. 

Lalu ketika nanti laptop dihidupkan kembali, memori tersebut akan kembali terisi.

Jika laptop dipaksa mati, memori akan tetap menyimpan program yang berjalan. Mereka juga akan me-skip proses pengosongan data. 

Efeknya saat nanti kamu menghidupkan laptop, perangkat tersebut akan terasa sangat lemot. Lalu jika dibiarkan terus-menerus, RAM akan cepat rusak.

 Merusak Prosesor 

Tahu kah kamu, ternyata saat proses shutdown, heatsink atau kipas pendingin akan bekerja ekstra untuk mendinginkan prosesor terlebih dulu.

Seperti yang kamu tahu saat laptop hidup, prosesor telah melakukan banyak tugas berat untuk menopang kinerja laptop. Jadi saat masuk proses shutdown, ia harus dimatikan dan didinginkan perlahan oleh heatsink laptop.

Tapi jika kamu mematikan laptop secara paksa, heatsink otomatis akan tiba-tiba berhenti. Proses pendinginan prosesor juga tak akan berjalan lancar. 

Hasilnya, laptopmu mati dalam keadaan prosesor yang masih panas. Jika dibiarkan terus-menerus, performa prosesormu bisa turun seiring berjalannya waktu.

 Merusak Hardisk 

Buat yang belum tahu, hardisk adalah item yang memiliki bentuk seperti piringan yang bisa berputar. Piringan ini akan terus berputar saat laptop beroperasi. Fungsinya adalah untuk mengontrol performa laptop.

Tapi jika kamu mematikan laptop secara paksa, otomatis hardisk akan berhenti secara tiba-tiba. Jika dibiasakan seperti ini, nggak menutup kemungkinan kalau hardisk di masa depan nggak akan mau berputar lagi. Efeknya performa laptop akan tersendat.

 Merusak Power Supply 

Mungkin banyak orang yang tak tahu jika mematikan paksa laptop dapat merusak power supply dari waktu ke waktu. 

Dampak ini bisa terjadi terutama saat laptop masih dicolokkan ke charger, tapi kamu tiba-tiba mematikan laptop secara paksa.

Efek yang ditimbulkan otomatis akan menyerang daya yang tersalur ke laptop. 

Daya  akan terputus secara tiba-tiba. Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan dapat menyebakan konsleting, khususnya pada bagian power supply.

Nah itu tadi beberapa efek kalau kamu sering mematikan laptop secara paksa. 

Setelah mengetahui apa saja efeknya, mulai sekarang jangan pernah mengulangi kebiasaan tersebut ya.

Apalagi kalau laptopmu berharga mahal, kan sayang banget kalau performa laptop jadi menurun karena kebiasaan tersebut.

Post a Comment for "4 Efek Bahaya Mematikan Paksa Laptop yang Jarang Diketahui Orang"