Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Daftar Masalah yang Sering Terjadi di Layar Laptop & Solusinya

daftar masalah layar laptop

Inilah 6 Daftar Masalah yang Sering Terjadi di Layar Laptop & Solusinya

PANARAGAN.COM - Apa saja sih masalah yang terjadi di layar laptop? Ini nih 5 daftar masalah yang terjadi di layar laptop lengkap dengan solusinya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap perangkat elektronik suatu hari akan bermasalah, entah masalah internal atau pun yang disebabkan oleh faktor eksternal (kelalaian pengguna).

Hal ini juga berlaku buat salah satu perangkat elektronik terpopuler di dunia, laptop.

Ada banyak masalah yang mengintai dalam penggunaan laptop. Selain masalah penurunan performa (jika digunakan dalam waktu lama), masalah eksternal seperti yang dialami bagian layar juga sering terjadi.

Nah kali ini saya telah merangkum daftar masalah yang sering terjadi pada layar laptop. 

Tak hanya itu, saya juga akan membocorkan solusi yang bisa kamu lakukan kalau laptopmu mengalami masalah-masalah seperti di bawah ini.

 Muncul Tampilan Abstrak di Layar 

Sumber: Okey Geek

Masalah yang satu ini terlihat serius, pasalnya tampilan laptop jadi terlihat rusak karena banyaknya garis yang timbul di sana.

Permasalahan ini biasanya berkaitan dengan kerusakan pada hardware laptop, entah itu karena RAM atau VGA yang bermasalah.

Lalu bagaimana cara menanganinya? Kamu bisa melakukan pembongkaran pada bagian CPU laptop.

Setelah itu lakukan pemeriksaan pada kedua hardware tersebut. Tapi jika kurang yakin, lebih baik kamu minta bantuan teknisi handal. Supaya proses pembongkaran laptop tidak menimbulkan masalah baru.

 Tampilan Layar Sering Bergoyang 

Sumber : kaskus

Pernah mengalami masalah seperti ini? Biasanya masalah yang satu ini terjadi karena pengguna terlalu sering membuka tutup layar pada laptop. Kalau kamu sebelumnya pernah mencoba membuka tutup layar laptop, mulai sekarang bertobatlah.

Karena jika terus-menerus dilakukan, maka hal tersebut akan membuat beberapa komponen di dalam laptop bergeser dan kendur. Terutama bagian kabel flexi yang letaknya ada di cela-cela engsel layar dan CPU laptop.

 Muncul Titik Putih di Layar 

Sumber: Pemmztechie

Laptopmu mengalami masalah ini? Jika iya, penyebabnya sebenarnya sederhana. Noda putih ini akan muncul jika layar laptop dibiarkan kotor dan tak pernah dibersihkan (biasanya karena ada banyak debu yang menempel di layar).

Bisa dibilang noda ini bersifat seperti jamur. Untuk menghilangkannya sangat sulit. Tapi kamu bisa mencegahnya dengan selalu membersihkan layar laptop dengan kain halus setiap kali selesai digunakan.

 Layar Hitam Sebagian 

Sumber: YouTube

Masalah ini disebabkan karena adanya masalah pada layar laptop itu sendiri. Contohnya ada pixel yang mati atau yang sering disebut dengan dead pixel. Solusinya hanya satu, yakni kamu harus ganti layar laptop dengan yang baru.

 Muncul Garis Vertikal/Horizontal di Layar 

Sumber: Sokaraja TECH

Mayoritas pengguna laptop pasti pernah mengalami masalah yang satu ini. Terlihat sepele tapi letaknya diam-diam bisa mengganggu fokusmu.

Apa penyebabnya? Garis ini bisa muncul kalau kamu sering menaruh barang cukup berat di atas laptop.

Meletakkan benda yang mengandung magnet di atas laptop juga bisa menimbulkan masalah yang sama. Oya, laptop yang pernah terjatuh juga bisa meninggalkan bekas seperti itu.


Jika sudah terjadi masalah seperti itu, kamu mau tidak mau harus mengganti LCD atau LED laptop. Pasalnya masalah ini berkaitan dengan bagian pixel layar laptop.

 Retak di Layar 

Sumber: Right-Click

Kalau masalah ini sudah terlihat jelas. Bisa disebabkan karena layar laptop pernah terkena benturan, laptop jatuh, dll (intinya disebabkan karena adanya singgungan fisik ke layar laptop).

Biasanya kalau kondisinya tidak terlalu parah, kamu masih bisa melihat interface laptop kok. Tapi jika terlalu mengganggu, sebaiknya kamu langsung mengganti layar LCD atau LED laptop dengan yang baru.

Post a Comment for "6 Daftar Masalah yang Sering Terjadi di Layar Laptop & Solusinya"