Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips dan Cara Jitu Merawat Hardisk Laptop Agar Tetap Awet

cara merawat hardisk laptop

PANARAGAN.COM - Hardisk laptop yang tak dirawat dengan baik akan cepat rusak. Cobalah beberapa tips dan cara merawat hardisk laptop ini agar awet.

Hardisk adalah salah satu komponen terpenting yang ada dalam laptop. Pasalnya dialah yang akan mengontrol performa laptop (selain prosesor tentunya). Selain itu, perangkat yang satu ini terkenal memiliki harga super mahal, tapi di sisi lain ia juga rentan rusak.

Oleh sebab itu tak heran jika sebagian pengguna begitu berhati-hati dalam memperlakukan laptop mereka. Salah satu alasannya tentu agar mereka tidak merusak hardisk yang ada di dalam laptop.

Karena keberadaan hardisk sangat penting, saya paham kamu pasti mati-matian menjaga item yang satu ini. Tapi karena letaknya ada di dalam laptop, mungkin agak sulit untuk melihat bagaimana kondisi hardisk apakah performanya masih bagus atau tidak.

Tapi kamu nggak perlu khawatir. Dalam artikel kali ini saya akan bagi-bagi tips dan cara merawat hardisk laptop supaya awet. Dengan mempraktikkan cara-cara di bawah ini, dijamin hardisk-mu akan bisa bertahan lebih lama.

Berikut Tips dan Cara Jitu Merawat Hardisk Laptop Agar Tetap Awet

cara merawat hardisk laptop
Sumber: Hot Liputan6

 Lindungi Laptop Dari Guncangan 

Walaupun sekarang ini berbagai laptop terbaru sudah mengantongi sertifikat yang membuatnya tahan banting, namun alangkah baiknya sebagai pengguna laptop, kita tetap berhati-hati saat membawa laptop.

Pertama, usahakan untuk selalu menyimpan laptop dalam tempat yang aman. Selain itu, jauhkan laptop dari segala guncangan terutama saat membawanya bepergian. Pasalnya guncangan pada laptop ternyata mampu menyebabkan kerusakan hardisk.

Jika kamu harus membawa laptop sambil naik motor atau sepeda, maka hindari jalan yang berlubang. Sebab medan ekstrem jelas akan membuat laptop yang ada di dalam tas ikut terguncang, dan membahayakan hardisk.

Apalagi jika kamu membawa laptop yang masih dalam keadaan menyala, kerusakan lebih rentan terjadi. Jika memang harus membawa laptop bepergian, maka pastikan laptop sudah dalam keadaan mati total.

 Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur 

Menggunakan laptop di atas tempat tidur memang asyik. Apalagi saat streaming video/film, paling enak kalau melakukannya sambil selonjoran di atas tempat tidur. Lalu laptop kita letakkan begitu saja di atas tempat tidur.

Tapi tahu kah kamu, ternyata hal tersebut bisa membuat sirkulasi laptop tidak keluar dengan sempurna. Jika terjadi secara terus-menerus, hal tersebut akan mempengaruhi performa hardisk laptop.

 Hindari Menyimpan Terlalu Banyak Data 

Tips ini berlaku jika hardisk laptopmu punya kapasitas tak terlalu besar. Jika seperti itu, lebih baik jangan memaksakan menyimpan semua data dalam hardisk.

Mulai sekarang, simpanlah data sesuai kapasitas hardisk. Jangan biarkan bar penyimpanan hardisk sampai berwarna merah. Pasalnya jika data terlalu menumpuk di hardisk, perangkat tersebut otomatis akan bekerja lebih ekstra dan performanya cepat menurun. Solusinya, kamu bisa membeli hardisk eksternal untuk menyimpan berbagai data.

 Perhatikan Suhu Hardisk 

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhu hardisk. Pastikan suhu hardisk tetap stabil dan tidak mengalami panas berlebih. Untuk memantaunya, kamu bisa menggunakan beberapa program pemantau hardisk, dan jangan lupa bersihkan bagian dalam laptop secara berkala ya.

 Defrag Hardisk 

Defrag adalah proses fragmentasi hardisk. Apa pengaruhnya defrag untuk hardisk? Proses ini akan membuat hardisk tak cepat rusak. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan proses read and write hardisk.

Namun sebelum melakukan defrag, lebih baik cek lebih dulu fragmentasinya. Kalau fragmentasi hardisk sudah di atas angka 10, kamu baru boleh melakukan defrag. Tapi proses ini biasanya lama, terutama kalau kapasitas hardisk sangat besar.

Post a Comment for "5 Tips dan Cara Jitu Merawat Hardisk Laptop Agar Tetap Awet"