Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Nggak Perlu Panik! Ini 3 Tips Mengatasi Kursor yang Bergerak Sendiri

mengatasi kursor bergerak sendiri

Tips Mengatasi Kursor yang Bergerak Sendiri

PANARAGAN.COM - Kursormu tiba-tiba bergerak sendiri? Tenang, jangan panaik. Cobain beberapa tips mengatasi kursor yang bergerak sendiri berikut yuk!

Ketika kamu menggunakan laptop/komputer, pernah kah kursormu bergerak sendiri? Entah itu bergetar atau justru bisa klik aplikasi dengan sendirinya? 

Padahal posisinya kamu sama sekali tidak memegang mouse atau touchpad.

Kalau pernah, gimana perasaanmu? 

Horror pasti ya..

Jangan-jangan laptop/komputermu saat ini sedang di-hack orang lain. Atau jangan-jangan, ada makhluk halus yang ingin bermain-main dengan laptop/komputermu? 

Makanya nggak heran kalau kursormu bisa bergerak sendiri. Ih ngeriiii Heheheh.

Sudah, nggak perlu parno dulu ya..

Kejadian aneh itu bisa dijelaskan secara ilmiah kok. Mungkin ada masalah yang terjadi pada laptop dan komputermu, atau adanya masalahnya pada komponen lainnya.

Tapi yang jelas kalau kamu sedang mengalami kejadian seperti itu, kamu mungkin bisa coba tips mengatasi kursor yang bergerak sendiri berikut ini.

Berikut ini 3 Tips Mengatasi Kursor yang Bergerak Sendiri

mengatasi kursor bergerak sendiri
Sumber: How To Geek

Restart Laptop/Komputer

Restart selalu dipilih mayoritas pengguna laptop/komputer saat perangkat mereka mengalami masalah. Aktivitas tersebut juga bisa kamu pratikkan saat kursormu tiba-tiba bergerak sendiri.

Ya, hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kursor error adalah dengan me-restart laptop/komputer. 

Siapa tahu kejadian tersebut disebabkan oleh adanya masalah sistem yang bersifat sementara pada laptop/komputer.

Biasanya hal ini terjadi karena laptop/komputer tersebut sudah kamu pakai dalam waktu lama. Makanya performa mereka kian mengalami penurunan.

Langkah-langkah untuk me-restart laptop/komputer bisa kamu lakukan seperti biasa Tapi kalau mau cara yang lebih baik, kamu bisa mematikan laptop/komputer terlebih dulu. Baru setelah itu nyalakan laptop/komputermu kembali.

Jika setelah melakukan cara di atas tetap tidak ada perubahan, alias masih ada masalah pada kursormu, kamu bisa langsung praktikkan langkah yang ada di bawah ini.

Periksa Charger dan Baterai Laptopmu

Tips yang selanjutnya ini bisa kamu coba saat laptop sedang dalam kondisi di-charge. Jadi saat laptopmu sedang kamu isi dayanya, tiba-tiba kursor bergerak sendiri.

Tahu nggak, ternyata hal ini bisa terjadi karena ada masalah dalam hal kelistrikan lho

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan yakni antara lain dengan melepas charger dari colokan, coba pindah ke colokan yang lain, coba melepas baterai dari laptop (lalu gunakan laptop tanpa baterai, tapi sambil di-charge), atau kamu juga bisa pinjam charger milik orang lain yang kompatibel dengan laptopmu.

Kalau Kamu Menggunakan Mouse

Trik ini khusus buat kamu yang saat ini menggunakan mouse untuk mengoperasikan laptop/komputer. Triknya juga akan berbeda tergantung jenis mouse yang kamu gunakan saat ini.

Kalau mouse yang kamu gunakan berkabel, coba periksa apakah ada bagian kabel yang kusut atau tertekuk. Setelah itu coba pindahkan USB mouse ke port lainnya.

Jika yang kamu gunakan adalah mouse wireless, coba pindahkan USB mouse ke port lainnya. Selain itu coba ingat-ingat sudah berapa lama kamu nggak mengganti baterai mouse. 

Biasanya baterai yang mau habis akan membuat performa mouse menurun, termasuk efeknya kursor bisa bergerak sendiri.

Terakhir, kamu bisa coba menggunakan mouse lain

Cara ini bermanfaat untuk memeriksa apakah mouse lamamu sudah rusak atau tidak. Kalau memang sudah rusak, ya solusi satu-satunya adalah dengan mengganti mouse lama dengan yang baru.

Itu tadi beberapa tips mengatasi kursor yang error, Sekarang sudah nggak perlu merasa horror lagi ya. Karena kursor yang error sampai gerak-gerak sendiri sebenarnya penyebabnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Oke kalau begitu, selamat mencoba.

Post a Comment for "Nggak Perlu Panik! Ini 3 Tips Mengatasi Kursor yang Bergerak Sendiri"